Senin, 02 Januari 2012

Pelatihan Menulis Hingga Editing

Sepanjang tahun 2010 hingga di hari pertama tahun 2012 ini, sudah banyak yang terjadi dalam tonggak perjalanan hidupku. Aku tidak pernah menyangka kalau akhirnya terjun dan menekuni Dunia Kepenulisan. Dunia yang tadinya hanya kujalani selintasan saja, demi mengisi waktu luang dengan sekedar corat-coret di blog pribadiku. Yang semula hanya sekedar iseng karena bosan dengan rutinitas rumah tangga, sehingga nge-blog mengantarkanku berkenalan dengan teman-teman baru di berbagai belahan dunia. Kami saling berbagi cerita, bertukar pengalaman, hingga akhirnya kopdar (kopi darat).

Semua berawal dari kesenangan putriku Thia, membaca dan kemudian menulis. Tiada hari tanpa buku. Bahkan tiada ke mal tanpa mampir ke toko buku. Akibatnya, koleksi buku-buku Thia sungguh luar biasa. Dari sekian banyak buku-buku yang dikoleksi dan dibacanya, ada banyak buku yang ditulis oleh para penulis cilik. Buku yang masuk dalam seri Kecil-Kecil Punya Karya (KKPK) itu menarik perhatian Thia.
"Mama, aku mau jadi penulis seperti yang dibuku ini," ucap Thia suatu hari sambil menunjuk foto penulis buku tersebut.

Ketika itu aku menanggapinya biasa saja. Tidak terbayangkan kalau beberapa bulan kemudian, ucapan Thia itu menjadi kenyataan. Subhanallah!
Keinginan Thia itu mulai terwujud saat karya tulisnya terpilih dan mengantarnya menjadi Delegasi wakil Jakarta untuk mengikuti Konferensi Anak Bobo 2009. Kemudian Thia berkesempatan mengikuti acara Konferensi Penulis Cilik Indonesia 2009. Setelahnya, Thia pun mengikuti Pelatihan Menulis Cerita Anak yang diselenggarakan oleh Penerbit Mizan. Itu semua terjadi dalam rentang waktu 3 bulan, yaitu bulan Oktober-Nopember-Desember 2009. Saat usai pelatihan, tiba-tiba saja Thia dan aku mendapat kabar gembira. Naskah kumpulan cerpen Thia akan diterbitkan menjadi sebuah buku untuk seri Kecil-Kecil Punya Karya (KKPK). Benar-benar mimpi yang menjadi kenyataan. Alhamdulillah!

Semenjak itu, aku senantiasa memberikan support untuk Thia. Aku berupaya memberikan apa pun yang dibutuhkan Thia untuk terus menulis. Setiap kali aku dan Thia berdiskusi tentang tulisan-tulisan yang dibuat Thia. Hingga suatu saat ada ucapan Thia yang menohok jantungku, membuatku menjadi tertantang untuk membuktikan kepadanya, bahwa aku pun bisa.
Ketika itu Thia berkata, "Coba, mama bisa enggak bikin buku kayak aku? Masa mama kalah, sih?"
Jeduk, aku tidak bisa ngomong apa-apa. Cuma butuh pembuktian.

Hm, terus aku mau apa, nih?
Menulis? Sudah pasti. Karena aku harus bisa bikin buku seperti Thia. Tapi ilmunya aku tidak punya.
Pucuk dicinta, ulam tiba. Allah memang Maha Baik. Tidak berapa lama kemudian, aku mendapat informasi kalau ada Pelatihan Menulis Picturial Book bersama Benny Rhamdani.
TIdak pakai pikir panjang, aku pun langsung mendaftar. Itulah pelatihan menulis yang pertama kali kuikuti. Setelah itu, beberapa kali aku juga mengikuti pelatihan-pelatihan menulis dengan pemateri-pemateri yang hebat, antara lain, Iwok Abqary, Bang Aswi, Renny Yaniar, dan Bambang Trim.
Oya, aku juga pernah ikut pelatihan mendongeng bersama Ariyo.
Tidak puas hanya ikut pelatihan menulis, aku pun akhirnya ikut pelatihan Editing secara online bersama Rini Nurul Badariah.


Inilah daftar pelatihan menulis, mendongeng, dan editing yang kuikuti selama tahun 2010 dan 2011. Semuanya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas tulisanku.

-->
  1. Pelatihan Menulis Picturial Book, tahun 2010, dengan pemateri Benny Rhamdani
  2. Pelatihan   Mendongeng, tahun 2010, dengan pemateri Ariyo
  3. Pelatihan Menulis untuk Ibu, tahun 2010, dengan pemateri Bang Aswi
  4. Pelatihan Menulis Cerita Anak komunitas Blogfam, tahun 2010, dengan pemateri Iwok Abqary
  5. Pelatihan Menulis Cerita Anak, tahun 2011, dengan pemateri Renny Yaniar dan Iwok Abqary
  6. Pelatihan Menulis Novel Anak, tahun 2011, dengan pemateri Benny Rhamdani
  7. Pelatihan Menulis First Novel, tahun 2011, dengan pemateri Bambang Trim
  8. Pelatihan Editor komunitas Blogfam, tahun 2011, dengan pemateri Rini Nurul Badariah


Sekarang, waktunya untuk menulis ... menulis ... menulis ...
Bismillah ... Semoga tahun 2012 ini menjadikanku lebih disiplin dan produktif. Aamiin ...

-->
Pelatihan Menulis Picturial Book, tahun 2010, pemateri Benny Rhamdani

-->
Pelatihan Menulis Cerita Anak, tahun 2011, pemateri Renny Yaniar dan Iwok Abqary


-->
Pelatihan Menulis Novel Anak, tahun 2011, pemateri Benny Rhamdani


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar :

Poskan Komentar