Selasa, 01 Oktober 2013

Perjalanan Dua Princess Saya


Beberapa waktu yang lalu, saya melihat ada dua tautan yang di-posting ke wall FB saya. Kaget sekaligus senang. Ternyata dua naskah saya jadi terbit. Sungguh, saya tidak menyangka, karena lama tidak ada kabar beritanya. Saya pun tidak berusaha menanyakannya. Saya percaya, kalau takdirnya terbit, maka akan terbit. Kalau tidak pun, ya tidak apa-apa. Itulah yang terbaik buat saya. ^_^

Awalnya saya tidak menyangka, ketika pada pertengahan tahun 2011, seorang editor dari sebuah penerbitan menghubungi saya via inbox FB. Beliau menemukan nama saya, beserta karya-karya saya, melalui googling di internet. Ketika itu beliau menawarkan kerja sama untuk membuat serial picture book. Beliau kemudian menjelaskan konsep dari seri buku yang dirancangnya. Tokoh utamanya adalah seorang Princess.

Saya sempat tercenung dan bimbang. Sebelumnya, saya memang sudah menulis beberapa cerita untuk seri princess di penerbit lain. Akhirnya saya menerimanya, dengan pertimbangan walaupun sama-sama cerita tentang princess, tapi beda temanya. Bismillah.

Alhamdulillah, tidak menunggu lama, dua cerita saya kerjakan dan langsung saya setorkan ke editor tersebut. Dengan sedikit revisi, saya merasa tugas saya sebagai penulis selesai. Tetapi ternyata belum. Sang editor meminta usulan dari saya perihal ilustrator. Duh, tentu saja saya bingung. Saya hanya kenal beberapa ilustrator dan itu pun ternyata telah dihubungi oleh beliau. Tapi, saya tetap mencoba membantu. Ya, dari awal, niat saya memang membantu. Walau pada akhirnya, ya tidak membantu juga. Maaf, ya.

Beberapa kali usulan ilustrasi ditunjukkan kepada saya. Saya memberikan pendapat. Tapi setelah itu, lama tidak ada beritanya. Mungkin belum sesuai dengan kemauan editor dan penerbit. Hingga suatu hari, saya mendapat kabar kalau kemungkinan akan ditunda penerbitannya. Perasaan saya? Ya, memaklumi saja. Tidak apa-apa.

Itulah dinamika sebuah penerbitan. Saya mengerti dengan kondisi dan kenyataan seperti itu. Kalau kemudian tidak jadi diterbitkan, ya itu berarti penerbit dan editor sudah mempunyai pertimbangan. Begitu juga sebaliknya bila jadi diterbitkan.

Kini, dua naskah saya sudah menjadi dua buku cantik berkat tangan kreatif seorang ilustrator muda dan berbakat. Semoga bisa diterima oleh para pembaca cilik dan orangtuanya.
Insya Allah saya mengikhlaskan semuanya. Termasuk pendapat dan penerimaan khalayak terhadap terbitnya buku saya ini. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

2 komentar :