Sabtu, 28 Januari 2017

Nice HomeWork #1 - Adab Menuntut Ilmu


Bunda dan calon bunda peserta matrikulasi Ibu Profesional Batch #3, kini sampailah kita pada tahap menguatkan ilmu yang kita dapatkan kemarin, dalam bentuk tugas.

Tugas ini kita namakan NICE HOMEWORK dan disingkat menjadi NHW.

Dalam materi "ADAB MENUNTUT ILMU" kali ini, NHW nya adalah sbb:
1. Tentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni di universitas kehidupan ini.

2. Alasan terkuat apa yang anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut.

3. Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan di bidang tersebut?

4. Berkaitan dengan adab menuntut ilmu,perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut.

Menuntut ilmu adalah salah satu cara meningkatkan kemuliaan hidup kita, maka carilah dengan cara-cara yang mulia

Salam Ibu Profesional,

/Tim Matrikulasi Ibu Profesional/

____________________________________________________________


Ahamdulillah, akhirnya saya ikut Matrikulasi Batch 3 juga.
Saat ikut wa grup Institut Ibu Profesional (IIP), saya jadi peserta pasif. Saya hanya menyimak atau bahkan lebih sering melewatkan obrolan dari anggota grup yang lain. Hal ini dikarenakan pas saya buka grup, obrolan sudah panjang. Sementara itu, saya punya tiga anak. Masing-masing anak punya kegiatan yang melibatkan orangtua dan membuat saya harus ikut banyak grup wa. Ya, begitulah, semuanya harus saya baca. Jadi, ya, banyak obrolan yang harus saya lompati.

Karena jadi peserta pasif, saya enggak “ngeh” dengan maksud dari matrikulasi. Akibatnya, saya melewatkan matrikulasi batch 1 dan batch 2. Saya baru “ngeh” setelah melihat banyak anggota grup yang izin meninggalkan grup IIP karena sudah lulus matrikulasi. Barulah saya mencari tau dan akhirnya memutuskan ikut matrikulasi batch 3 ini. Alhamdulillah, ya, enggak terlambat-terlambat banget. :D

Oh, ya, sepertinya saya di grup ini pun masih jadi anggota pasif. Duh, aktivitas grup tinggi sekali. Saya merasa harus menyediakan waktu khusus untuk mempelajari materi yang diberikan. Ternyata, oh, ternyataaa … materi pertama pas banget dengan cara saya belajar. Pelajaran “Adab Menuntut Ilmu” menuntun saya untuk makin memahami cara belajar.

Nah, di kesempatan pertemuan pertama ini, ada Nice HomeWork (NHW) yang harus saya kerjakan. Eh, enggak di pertemuan pertama aja, kok! Di akhir setiap pertemuan, akan ada NHW yang harus dikerjakan. Terus, saya juga enggak sendirian. Seluruh anggota grup harus mengerjakannya. Tapi teman-teman saya ini ternyata rajin-rajin. Saya langsung panik karena sudah hampir 50 orang yang menyetorkan NHW.

Dududuuu … deadline-nya Sabtu, pukul 16.00.
Bismillah …. ^_^


1. Jurusan yang paling ingin saya kuasai adalah jurusan psikologi yang mencakup ilmu sabar terhadap keluarga, terutama terhadap anak. Maunya jadi ibu yang sabar, sabar, dan sabar. Soalnya saya merasa kurang sabaran. Huhuhuuu ….

2. Alasan terkuat saya memilih jurusan psikologi yang mencakup ilmu sabar terhadap keluarga, ya karena saya merasa kurang sabaran. Suka terlepas ngomel-ngomel. Apalagi kalau merasa lagi capeeek banget. Padahal saya sudah berusaha untuk selalu istighfar terus. Hiks.

3. Strategi menuntut ilmu yang akan saya rencanakan di bidang tersebut salah satunya ya ikut matrikulasi ini. Saya juga berusaha banyak ikut pengajian-pengajian online dari para Ustaz dan sesekali ikut pengajian offline. Berharap, dengan ikut banyak pengajian tersebut, saya makin sabar. Selain itu bisa mentrasnfer ilmu dari pengajian-pengajian yang yang saya ikuti itu kepada keluarga saya. Ngeri lihat keadaan zaman sekarang. Fitnah bertebaran. Semoga saya dan keluarga saya terhindar dari fitnah dan keburukan-keburukan lainnya. Aamiin.

4. Berkaitan dengan adab menuntut ilmu, perubahan sikap yang saya perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut, tentu saja menjadi lebih sabar. Selain tentunya lebih berilmu, terutama ilmu agama. Karena cita-cita saya dan tentunya cita-cita seluruh keluarga muslim adalah masuk surga. Aamiin aamiin ya robbal ‘alamiin.


Niat yang baik, berada di lingkungan yang baik seperti di grup ini dan grup-grup pengajian yang saya ikuti, insya Allah akan menjadikan saya manusia yang lebih baik lagi. Saya akan terus, terus, dan terus belajar bersabar. Juga belajar ilmu agama dan belajar ilmu-ilmu lainnya sebagai penunjang dan pelengkap.



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar :

Posting Komentar