Rabu, 27 Mei 2015

Akademi Remaja Kreatif Indonesia 2015


Apa Itu ARKI 2015 ?

Halo, Teman-Teman! :)
Kali ini kami akan menulis tentang cerita di balik ARKI 2015.

Kak, Arki itu apaan, sih? Nama kota di India, ya?
Hahaha, ya bukan! Kamu kepinteran, deh. :P
ARKI itu singkatannya Akademi Remaja Kreatif Indonesia. Sekarang coba angkat tangan, siapa di antara kamu yang punya segudang ide, tapi bingung gimana cara ngeluarinnya dari kepala? Siapa di antara kamu yang suka nulis, tapi bingung tulisannya mau dikemanain? Siapa di antara kamu yang seneng banget baca komik, dan diam-diam mulai bikin komikmu sendiri? Atau yang demen nonton film, dan kepingin suatu saat nanti bikin film dari kisah hidupmu? Nah, kalau kalian merasa begitu, maka inilah PENGUMUMAN BESARNYA: ARKI ADALAH TEMPAT UNTUK KALIAN! :D

Ah, masa sih? Namanya saja akademi -_-. Jangan-jangan nanti di sana bakalan kayak di sekolah. Ogah ah kalau kita dipaksa ngapalin rumus dan lari keliling lapangan seperti waktu pelajaran Olahraga.

Ih kamu, kok trauma banget dengan kata ‘sekolah’? : ) Tapi kakak ngerti kok, di sekolah kadang-kadang kita memang mesti belajar sesuatu yang enggak kita sukai. Tapi itu bukan berarti kalau kita enggak senang belajar, kan?

Kelas ARKI akan mempertemukan para remaja dari seluruh provinsi di Indonesia, kamu semua akan sama-sama belajar hal yang kamu sukai! Mulai dari gimana menyampaikan perasaanmu dalam syair dan cerita pendek, gimana menulis dan menggambar komik yang memancing emosi pembacanya, sampai gimana cara mengubah tragedi pada pagi hari tadi jadi skenario film pendek yang akan meledakkan tawa penonton.

Kamu juga akan mendapat pelatihan dari sederet coach yang sudah berkecimpung dalam hal yang kamu sukai. Ada cerpenis dan komikus yang kabar buku barunya membuat kamu menabung, menunggu-nunggu kehadiran buku itu di toko buku di kotamu. Ada juga penulis skenario film yang kamu tidak tahu namanya. Namun, rupanya dialah orang di balik film-film yang menghangatkan hatimu dan keluargamu ketika kalian menontonnya bersama-sama pada hari raya. Dan ada juga seorang penyair. Meskipung, mungkin enggak banyak dari kita yang sudah suka membaca syair atau puisi. Namun, percayalah terkadang ada kebenaran yang hanya bisa disampaikan lewat kombinasi dua syair.

Terakhir, karya yang kamu kembangkan dalam kelas ARKI akan dilombakan. Karya yang terpilih akan mendapatkan apresiasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Lomba ini bertujuan supaya kamu berusaha sebaik mungkin dalam mengembangkan gagasanmu, sekaligus melatihmu untuk tetap sportif, dan berbahagia atas kemenangan orang lain.

Oh, gitu, ya? Siapa saja, sih, yang boleh ikutan ARKI?
Peserta ARKI adalah pelajar SMP dan SMA, yang berasal dari ke-34 provinsi di Indonesia. ARKI kan juga bisa dilihat sebagai kependekan archipelago, yang artinya kepulauan. Enggak seru dong kalau yang ikut cuma berasal dari satu pulau saja di Indonesia.

Siapapun yang mau ikut diharapkan mengirimkan naskah tulisan mereka. Ada empat kategori karya tulis yang bisa dipilih: cerpen, syair, komik, dan skenario film. Setiap pelajar hanya bisa mengirimkan satu karya saja di setiap kategori. Karya yang diterima oleh panitia akan diseleksi dewan juri. Setiap provinsi mengirimkan 2 (dua) wakil yang lolos di tahap seleksi karya.  Sehingga peserta yang akan datang yakni 68 (enam puluh delapan) peserta, ditambah 32 (tiga puluh dua) peserta terpilih yang lolos seleksi. Total 100 (seratus) peserta.

Masing-masing peserta dari setiap provinsi lantas akan berkoordinasi dengan 1 (satu) orang Pembimbing yang ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tingkat Wilayah, sehingga jumlah pembimbing adalah 34 (tiga puluh empat) orang.

Jumlah keseluruhan peserta ARKI ditambah pembimbing provinsi adalah 134 (seratus tiga puluh empat) orang.

Pada saat acara kelas ARKI sedang berlangsung, peserta juga akan didampingi Coach sesuai dengan kategori karya yang mereka ikuti,yaitu:
  1. Dewi ‘Dedew’ Rieka – Cerpen
  2. Sabrang "Letto" – Syair
  3. Sweta Kartika – Komik
  4. Salman Aristo – Skenario Film Pendek
Aku mau ikutan! Tapi ... tapi ... tapi Kak, aku enggak pede .... : ( Aku bingung nanti aku mau nulis apa? .-.

Hahaha, itu wajar kok. Siapapun, bahkan penulis favoritmu, pasti pernah mengalami saat di mana mereka bingung karena menghadapi kertas putih kosong. Tapi percayalah, kita semua punya potensi.

Kamu tahu gudang uang Paman Gober? Bayangkan sebuah ruangan besar dengan uang yang saking banyaknya, sampai-sampai kalian bisa berenang dan mandi uang di sana. Kedalamannya seperti laut. Nah, ruangan seperti itu sebetulnya ada dalam diri kita, tapi bukannya berisi uang, melainkan berisi pengalaman, cita-cita, kekhawatiran, kemauan yang kuat, kepedulian, serta kasih sayang yang telah kamu terima dan siap kamu limpahkan lagi kepada orang-orang di sekitarmu. Kesemuanya merupakan modal menulis. Jangan takut untuk berlayar serta berenang di antara cita-cita dan kekhawatiran. ARKI kan juga mengandung kata ark yang berarti bahtera. Jadi yakinlah di dalam diri kita ada lautan perasaan yang menanti untuk diarungi, diselami, dan dimuntahkan di atas kertas dalam bentuk kata-kata.

Oke, deh! Sekarang tekhnisnya gimana?
Begini nih timeline-nya:
Sebelum penyelenggaraan ARKI, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan roadshow Siswa Bertanya, Sastrawan Berbicara (SBSB) di 8 provinsi di Indonesia. ARKI diselenggarakan setelah semua rangkaian SBSB selesai sebagai puncak acara. Ini dia jadwal roadshow nya:

 

Kegiatan ARKI terdiri dari pelatihan (coaching), lomba-lomba dan mediasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Penjurian lomba dilakukan segera setelah perlombaan selesai. Untuk setap kategori lomba disiapkan 3 (tiga) juri yang terdiri dari Redaksi Mizan dan tenaga ahli yang ditunjuk oleh panitia ARKI. Jumlah keseluruhan juri adalah 12 (dua belas) orang.

Minta bocoran hadiahnya dong, Kaaaak? ; ))
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dalam hal ini Dinas Pendidikan Menengah, memberikan hadiah sebagai apresiasi bagi pemenang lomba-lomba yang berlangsung selama Akademi Remaja Kreatif Indonesia (ARKI) dihelat.

Hadiah berupa uang pembinaan dan piala sejumlah kategori lomba yang telah ditentukan, yakni Juara 1, 2, 3, Harapan 1, 2, 3, dan Juara Favorit untuk ke empat kategori. Hadiah diserahkan saat mediasi antara peserta Akademi Remaja Kreatif Indonesia (ARKI) dengan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sekaligus penutupan rangkaian ARKI.

Kak, kalau aku punya pertanyaan lagi, aku tanya ke siapa?
Twitter: @DARemaja
Facebook: FantasTeen dan PINK BERRY CLUB
Email: remajakreatif2015@gmail.com




Petunjuk Umum ARKI 2015

Halo, Teman-Teman! :)
Ikuti terus informasi mengenai Akademi Remaja Kreatif Indonesia (ARKI) 2015 melalui media sosial Pink Berry Club (PBC) dan Fantasteen.

Pendaftaran ARKI 2015 sudah dibuka. Kalian bisa mempersiapkan karya terbaik dan mengirimkannya, sekarang. Info mengenai ketentuan dari masing-masing kategori bisa kalian lihat di blog Akademi Remaja Kreatif Indonesia 2015.


Tema: Warnai Indonesiamu


Jenis dan Kegiatan Lomba
  1. Lomba Menulis Cerpen (tema: Kearifan Lokalku).
  2. Lomba Cipta Syair (tema: Kehidupan Remaja).
  3. Lomba Cipta Komik (tema: Jelajah Indonesia).
  4. Lomba Menulis Skenario Film Pendek (tema: Jika Tiba-Tiba Terjadi .…)

Peserta
Peserta adalah remaja yang pada tahun ajaran 2015/2016 masih berstatus siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat di seluruh Indonesia. Peserta adalah mereka yang telah lolos seleksi dari panitia pusat.
Jumlah peserta yang diundang setelah melalui tahap seleksi oleh tim juri adalah sebanyak 100 (seratus) peserta dari seluruh wilayah Indonesia yang meliputi empat jenis lomba.

Pendamping
Pendamping resmi yang mendampingi peserta sebanyak satu orang dari Dinas Pendidikan Provinsi berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi.

Persyaratan Pengiriman Karya
  1. Setiap karya dikirim dua rangkap dan harus disahkan keasliannya oleh Kepala Sekolah (distempel dan ditandatangani Kepala Sekolah.
  2. Karya yang dikirim disertai dengan fotocopy identitas diri, berupa kartu pelajar dan biodata singkat (nama siswa, tempat tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon/handphone, e-mail, nama sekolah, alamat sekolah, dan kelas).
  3. Seluruh peserta membuat karya dengan tema yang ditentukan dengan topik sesuai kategori lomba masing-masing.

Silakan unduh
Lampiran 1:
Unduh Biodata Peserta Lomba Akademi Remaja Kreatif Indonesia (ARKI) 2015
Lampiran 2:
Unduh Surat Pernyataan Peserta Lomba Akademi Remaja Kreatif Indonesia (ARKI) 2015
Lampiran 3:
Unduh Contoh Amplop Pengiriman




Lomba Menulis Cerita Pendek
a. Kriteria Penilaian:
1) Kesesuaian isi dengan tema: Kearifan Lokalku.
2) Struktur, pengisahan, dan bahasa:
a) Terpenuhinya aspek struktur (unsur intrinsik dan ekstrinsik) dan teknik pengisahan.
b) Kekuatan pengisahan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia yang baik dan benar (diksi, kalimat, gaya bahasa).
c) Kekuatan menghidupkan cerita.
d) Isi
    · Kesesuaian ide cerita dengan tema.
    · Makna dan/pesan yang disampaikan.
    · Nilai-nilai kehidupan/budaya yang ditawarkan.
e) Keaslian dan kreativitas
    · Keaslian dan kekhasan (unsur baru) isi cerita.
    · Aspek lain yang memperlihatkan adanya inovasi.

b. Persyaratan Karya:
1) Karya cerpen diketik rapi dengan panjang antara 4 sampai 6 halaman, jarak 1,5 spasi, dengan jarak margin 4-3-3-3, jenis huruf Calibri atau Times New Roman, 12 pt.
2) Karya dikirim dalam bentuk print out dalam amplop tertutup.
3) Di sudut kiri amplop dituliskan “LOMBA MENULIS CERPEN”.
4) Naskah cerpen untuk penjurian tingkat nasional paling lambat diterima Panitia/Juri satu bulan sebelum pengumuman. Waktu pengumpulan 24 Juli 2015.


Lomba Cipta Syair
a. Kriteria Penilaian:
1) Kesesuaian topik dan tema dengan isi. Tema: Kehidupan Remaja.
2) Keindahan gaya bahasa (diksi, majas, dan rima).
3) Kedalaman makna dan manfaat (membentuk karakter).
4) Orisinalitas/keaslian karya (bukan plagiat).
5) Kreativitas (kekinian, keberbedaan, kefasihan).

b. Persyaratan Karya:
1) Satu karya terdiri atas 5-10 bait.
2) Setiap karya dilengkapi dengan judul di bagian atas tengah kertas, serta nama siswa dan sekolah di pojok kanan bawah kertas.
3) Karya dikirimkan terketik rapi atau ditulis tangan dengan jarak margin 4-3-3-3, jenis huruf Calibri atau Times New Roman, 12 pt.
4) Karya dikirim dalam bentuk print out dalam amplop tertutup.
5) Di sudut kiri amplop dituliskan “LOMBA CIPTA SYAIR”.
6) Naskah syair untuk penjurian tingkat nasional paling lambat diterima Panitia/Juri satu bulan sebelum pengumuman. Waktu pengumpulan 24 Juli 2015.
7) Karya syair yang dikirimkan memenuhi syarat-syarat syair:
    a) Satu bait terdiri atas 4 baris.
    b) Setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata.
    c) Baris pertama, kedua, ketiga, dan keempat berbentuk isi syair.
    d) Dalam satu bait bersajak atau berima a-a-a-a.


Lomba Cipta Komik
a. Kriteria Penilaian:
1) Kesesuaian isi cerita dengan tema: Jelajah Indonesia.
2) Kualitas gambar dan panel komik.
3) Konsistensi penggambaran karakter.
4) Orisinalitas cerita dalam komik.

b. Persyaratan Karya:
1) Komik dibuat sebanyak 6-8 halaman (termasuk cover judul).
2) Format hitam putih.
3) Isi komik tidak mengandung unsur SARA dan pornografi.
4) Komik digambar di media A4.
5) Karya orisinal, ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar.
6) Karya dikirim dalam amplop tertutup.
7) Di sudut kiri amplop dituliskan “LOMBA CIPTA KOMIK”.
8) Hasil karya komik untuk penjurian tingkat nasional paling lambat diterima Panitia/Juri satu bulan sebelum pengumuman. Waktu pengumpulan 24 Juli 2015.

Unduh contoh komik di sini.


Lomba Menulis Skenario Film Pendek
a. Kriteria Penilaian:
1) Kesesuaian isi cerita dengan tema: Jika Tiba-Tiba Terjadi …
2) Plot cerita.
3) Struktur dan pacing.
4) Karakterisasi dan dialog.
5) Potensi sinematik.
6) Kualitas tulisan.

b. Persyaratan Karya:
1) Naskah ditulis untuk durasi selama 30 menit.
2) Format penulisan naskah dalam kertas A4, jenis huruf Calibri atau Times New Roman, 12 pt.
3) Naskah bersifat orisinal, ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar.
4) Tidak mengandung unsur SARA dan pornografi.
5) Karya dikirim dalam bentuk print out dalam amplop tertutup.
6) Di sudut kiri amplop dituliskan “LOMBA MENULIS SKENARIO FILM PENDEK”.
7) Naskah skrip film untuk penjurian tingkat nasional paling lambat diterima Panitia/Juri satu bulan sebelum pengumuman. Waktu pengumpulan 24 Juli 2015.

Unduh contoh skenario film pendek di sini.


Sumber: http://www.remajakreatif.com/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

13 komentar :

  1. kereen, dakuw share ya mba shinta..nuhun..miss yuu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dedeeew ... miss you too. :*
      Silakan, Dew. Ini aku ambil dari blognya ARKI, buat anak-anak yang sering tanya juga. ^_^

      Hapus
    2. Ternyata Dedew gantiin tempatnya Dee "Dewi Lestari".
      Selamat ya, Dew. Sukses selalu. ^_^

      Hapus
  2. Bagus Kak.. Jadi pelajar manapun boleh ikut ya Kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleeeh ... seluruh pelajar kelas 7-12. ^_^

      Hapus
  3. Kak, aku mau nanya. Kalau untuk cerpen, kan temanya itu Kearifan Lokalku. Nah Kearifan Lokalku itu apa kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kearifan lokal itu yang berkaitan dengan budaya atau adat-istiadat suatu daerah. ^_^

      Hapus
    2. kak,aku mau tanya,aku kan baru masuk smp nah,aku mau minta surat pernyataan dari sekolah,tapi aku belum jadi murid disana sebelum masuk sekolah (27 juli),sedangkan DL 24 juli.Apakah boleh tidak pakai surat pernyataan dri sekolah? pliss respon

      Hapus
  4. Ka, buat biodata peserta bisa diganti sama biodata di rapor ga sih? Soalnya smp di karawang masuk tanggal 27, sedangkan SL tgl 24. Pengen ikut soalnya T^T

    BalasHapus
  5. wah, tertarik.. Jadi pelajar manapun boleh ikut ya Kak?

    BalasHapus
  6. Makasi Mantap infonya makasi banyak ya sangat membantu nanti mampir lagi gan, maju terus blognya salam

    BalasHapus